Mental “KECURIAN”

29 08 2009

bali-dance-pendet

Barusan liat acara “Dahsyat” ada show tari Pendet,1 kata

ANEH…

Acara yang biasa mendewakan band2 baru bisa juga nampilin budaya indonesia…
Mungkin kudu gini caranay, budaya kita harus terus diKlaim sama negara lain biar generasi muda ngerti, paham, dan ngerasa memiliki budaya asli yang harus dijaga. Kelakuan Malaysia yang dianggap “mencuri” budaya kita sebenarnya bukan sepenuhnya kesalahan malay, harusnya kita juga intropeksi kenapa mereka “mencuri”-nya dari kita. Mereka tu ngeliat, budaya yang begitu bagusnya di SIA-SIA sama pemiliknya, otomatis daripada mubadzir mending diambil aja, wong udah dibuang sama yang punya. Bukan membela Malay, tapi kita sebagai warga Indonesia juga harusnya ngerti. Liat aja, anak sekarang lebih seneng nonton ST12, BCL ato apalah, Q nggak ngerti.

Sangat sedikit yang tau Gatotkaca itu anak siapa, Arimbi itu siapa, motif batiknya arjuna itu apa,(maaf, orang Jawa, jadi kebanyakan mudeng budaya Jawa)
wayang
Jadi menurutku omong kosong  kalo kita ngomong kita cinta budaya cuma kalo budaya itu diaku milik orang, tapi menelantarkannya disaat semua mengkui itu milik kita.
Jangan cuma reaktif, tapi jadilah protektif terhadap aset bangsa. Kapan sih kita sadar bahwa kita punya sesuatu yang tak ternilai dan harus kita jaga terus???Jangan cuma NATO laah, buktikan kalo kita nggak rela semuanya itu dicuri dengan tindakan nyata.

Diantara beberapa yang “diambil” Malaysia, masih banyak banget budaya kita yang ada diambang kehancuran karena tak ada yang memperhatikan lagi. Liat aja, seniman-seniman budaya kebanyaan udah berusia lanjut, dan hanya sedikit anak muda yang peduli.

Ayo, bareng -bareng kita proteksi budaya kita. Pemerintah, masyarakat, terutama generasi muda, buatlah tindakan-tindakan nyata yang menunjukkan kita masih peduli. Buktikan kalo hanya kita yang pantas punya budaya itu.

Dheenz


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: