Bisa nggak ya???

14 07 2009

suramadu

Kesuksesan pembangunan Jembatan Suramadu yang monumental membuat pembahasan mengenai pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) kembali menghangat. Jembatan yang kabarnya bakal menjadi salah satu jembatan terpanjang di Asia Tenggara adalah sebuah mega proyek ambisius yang  sudah direncanakan dalam tata ruang nasional.

Telah terbukti bahwa Engineer Indonesia mampu menghasilkan bangunan konstruksi tingkat tinggi -dalam hal ini jembatan- Jembatan Sungai Barelang, Jembatan Grand Wisata, Jembatan Pasupati dan tentu saja Jembatan Suramadu. Namun, satu hal yang menurut saya masih menjadi kelemahan bangsa Indonesia.

barelang

Satu pertanyaan besar, apakah kita mampu merawatnya agar umurnya sesuai umur rencana???

grand wisata

Melihat dari proyek jembtan teknologi tinggi di luar negeri, selain proses konstruksi yang baik, manajemen perawatan yang diterapkan juga baik.

Pada Golden Gate Bridge, pengecatan rutin dan cheking kabel dilakukan secara hati2 dan sesuai prosedur. Pada Jembatan Millau Viaduct, pemantauan terhadap pengguna jembatan dilakukan dengan sangat ketat sehingga jika ada pengendara yang berhenti di tengah jembatan, pengelola akan segera mengirim petugas untuk memperingatkan. Pengelola juga tidak setengah-setengah dalam menjadikan Jembatan-jembatan ini sebuah tempat tujuan wisata. Pengembangan kawasan di sekitar jembatan2 monumental ini sangat mendukung dalam perkembangannya sebagai tujuan wisata.

millau viaduct

Apakah dengan manajemen pengelolaan yang ada saat ini, kita mampu menjaga jika JSS benar-benar dibangun nanti???bukannya skeptis atau apa, berkaca dari Suramadu, baru beberapa saat dibuka, banyak kelngkapan jembatan yang sudah hilang, belum lagi peralatan penting seperti SHMS yang belum terpasang. Jika terwujud, JSS akan menjadi jembatan yang membutuhkan keseriusan pengelolaan megingat betapa mahal investasi dan rumitnyakeadaan alam yang harus dihadapi. SDM dan sistem yang ada harus benar-benar siap.  Rasanya kita harus banyak belajar dari negara lain dalam hal merawat infrastruktur.

pasupati

Maju terus Dunia konstruksi INDONESIA!!!!

NUWUN

dheenz.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: