Jalan Raya Sragen-Ngawi

16 03 2009

Rabu, 12 April 2009

Saya bersama tiga teman berangkat unutk melakukan survey daerah rawan kecelakaan di Mantingan-Ngawi. Saya berangkat bersanma beberapa orang dari ITB dan Dosen UNS yang sedang kuliah S3 di ITB.

Berbekal satu set alat POWERSET untuk mengukur tanah, kami ditugasi untuk mengamati dua buah tikungan yang rawan kecelakaan di daerah mantingan. Tikungan pertama beraa di km 214 dan tikungan kedua berada di km 192.

Sebagai orang sipil, yang pertama kami amati tentu saja keaaan jalan.

Sebagai jalan utama Solo-Surabaya, keadaan jalan ini sungguh tidak layak jika dijadikan jalur utama. Dengan lebar rat-rata hanya7m, jalan ini dilewati oleh kendaraan2 besar yang mengangkut bawaan yang berat.

Belum lagi kondisi jalan yang berlubang dan bergelombang. Sepanjang kitra2 20km, kondisi jalan sungguh sangat membahayakan. Apalagi di beberapa tikungan langsung berpotongan dengan jembatan, terdapat pertigaan di tikungan, dan jalur yang menyempit. Parahnya, lapisan aspal di jembatan banyak yang terkelupas, sehingga sangat berbahaya karena tidak terlihat ari tikungan.

Hal ini terbukti, karena saat kami sedang melakukan survey, sebuah truk tanpa muatan jatuh kedalam sungai dan menewaskan pengemudinya.

Lalu kecepatan rata2 kendaraan yang melewati jalan juga na’uzubillah. dengan kondisi jalan yang sepi, di tangah hutan. kendaraan memacu kecepatan dengan sangat tinggi walaupun memasuki tikungan, terutama yang selama ini sudah kita kenal yaitu Sumber Koncono…

Wajar saja jika angka kecelakaan di daerah ini sangat tinggi. Dengan kombinasi antara jalan sempit, jalan bergelombang, aspal yang mengelupas, kecepatan tinggi, hambatan pada tikungan sudah pasti menjadi faktor utama yang menebabkannya.

Semoga data survey yang kami peroleh dapat dijadikan acuan bagi pemerintah untuk memperbaiki kondisi jalan di sana dan di Indonesia secara keseluruhan..

amiiinnn..

“hanya sekedar berbagi pengalaman”

nuwun

dheenz


Aksi

Information

One response

20 03 2009
Sekretaris jurnaListik

Aku gak kebagian oLeh”nyaaaa…!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: