Suramadu Tour

22 01 2009

Selasa 14 Januari 2009

Berkunjung ke Suramadu buat pertamakali sungguh mengesankan…

nggak cuma dijelaskan lewat presentasi, tapi juga liat langsung gimana sih betuk aslinya tu jembatan yang panjangnyal ebih dari 5km.

sampe sana kita kaget juga, ternyata di akses jalan pendekat masih ada rumah yang berdiri di tegah jalan yang menandakan pembebasan tanah belum beres. Tapi kata bapaknya, ” Lusa ( rabu-red-), semua bangunan itu sudah direlokasi!”

Sampai di kantor Suramadu, seperti biasa, Pelaksana kerja menjelaskan tentang teknis Suramadu, kita nggak begitu tertarik karena udah pengen liat langsung jembatannya.

Selesai presentasi, kita diantar oleh Bis menuju akhir dari causeway sisi Surabaya sampai P36. Di akhir causeway kita dihadapkan sama pembangunan approach bridge yang belum selesai. Pada causeway masih dipakai Prestressed Concrete Girder, tapi nanti di bagian approach bridge dipakai steelbox girder. Karena itulah pada bagian sambungannya digunakan V pier yang menjadi bagian transisi antara Beton dan Baja.

Bagian Pylon udah mendekati selesai, dan kemarin dapt cerita membanggakan dari Pak Tri ( Suramadu ) kalo satu2nya wanita yang bisa naik ke atas Pylon cuma dari UNS lowh…

Itu kakak2 2005 yang kemarin KP di Suramadu.

Suramadu dikerjakan oleh Indonesia Consorsium, gabungan dari beberapa kontraktor besar. Jadi  tiang2 jembatan dikerjakan bukan oleh satu kontraktor saja. Terus dalam satu tiang ditangani oleh satu manajer. Kebayang kan berapa manajer yang terlibat????

Di tengah jembatan anginnya gede banget, nggak kebayang kalo naek motor lewat jembatan itu, bisa ” kabur” kali yak????

Hehehe…

Nuwun

Sedikit Cerita dari SURAMADU

Admin ; Dheenz

Iklan




Pernah bayangin ini nggak???

10 01 2009

Eh selama kuliah di sipil, pernah nggak mbayangin sesuatu yang ekstrim???

yang lain dari yang sudah ada???

Kalo belum, coba deh tak sadarkan.

Berpikir beda itu keren lho, kita bakal menciptakan sesuatu yang pastinya akan dikenang.

Sadar nggak sih kalo dunia diluar udah ninggalin kita jauh???

Di luar sana Proyek2 sipil seakan udah mendekati batasnya, batas dimana mungkin dan tidak mungkin jadi sesuatu yang sangat sulit dibedakan.

Negara2 yang berkembang berusaha menciptakan bangunan sipil yang tujuannya mencapai rekor ” YANG PALING “, atau kerennya disebut extreme engineering

Liat aja di Dubai, kotanya minyak ini sekarang hampir menyelesaikan proyek ambisiusnya, yaitu Burj Dubai – gedung setinggi 800m-. Dan lucunya, walaupun gedung ini udah pasti memecahkan rekor paling tinggi, tapi rekor itu udah mulai terancam dengan pembangunan gedung yang lain, coba klik

http://www.alarabiya.net/articles/2008/03/13/46879.html

mile-high-ultima-tower

Yang lebih ambisius itu di London. Arsitek kenamaan Eugene Tsui merancang Ultima Tower, gedung atau lebih tepatnya disebut kota dalam gedung. Uniknya gedung ini punya ekosistem sendiri dan mampu memenuhi kebutuhan energinya sendiri. Didalamnya terdapat sistem yang memanfaatkan ketinggian gedung dan perbedaan tekanan udara di dasar dan di puncak untuk menghasilkan listrik, intinya Greenelectricity. Yang lebih wah, gedung ini tingginya mencapai 2 mil, bayangin sendiri deh tingginya. Kompetitor Ultima Tower adalah City in Pyramid ( HongKong).

lilypad

Kayaknya konsep Green masih terus jadi komoditi yang menjanjikan. Saingannya Ultima Tower, ada Lilypad karya Belgia Vincent Callebaut. Terinspirasi oleh Amazonia Victoria Regia, bunga teratai besar dari Amazon, bangunan ini rencananya bakal ajdi bangunan mengapung yang sangat besar, punya ekosistem dan mampu memenuhi kebutuhan energinya sendiri. Gedung terapung ini diharapkan jadi solusi isu global warming yang kabarnya menyebabkan level air laut naik.

lengkapnya : vincent.callebaut.org/page1-img-lilypad.html

Selain gedung2 yang uedan, banak lho proyek extreme yang sedang dalam rencana maupun udah Under Construction. Stonecutters Bridge ( HongKong ) jembatan cable stayed dengan bentang terpanjang yang berdampingan dengan jembatan cable stayed yang juga nggak kalah panjangTsing Ma dan Kap Shui Mun Bridge yang menghubungkan HongKong dengan LanTAu International Airport.

imageout

Dubai, dimana sebagian besar alat berat dikonsumsi disana, buanyak banget proyek Super yang bikin Geleng kepala.

MEtro Light Train : World Longest Automatic Reel System

Burj Al-Arab : World Tallest Hotel

PAlm Jumeira, Jebel Ali & Deira, World Island : Proyek Reklamasi Agris Pantai terpanjang.

Di Swiss, ada Gotthard BAse Tunnel :terowongan terbesar yang menghubungkan Swiss-Italia.

Proyek Lokal juga ada yang lumayan membanggakan lowh, Regatta Hotel di Jakarta misalnya, masuk dalam kategori bangunan unik di Dunia. Wacana pembangunan Jembatan Selat Sunda juga berpotensi jadi Proyek yang WAH!!!

jangan lupa juga jembatan Suramadu, BKT, dan masih banyak.

ayo makannya jangan takut beda, palah kita harus BEDA!! buat menghasilkan sesuatu yang BEDA pula…

Semangat teman…

Wassalam…

Nuwun,

Dheenz






Ujian, Libur, Pulang….

8 01 2009

Itu buat orang yang pikirannya ga mau berkembang….

Kalo yang haus pengalaman, yah mending pulang bentar terus tetep ” angrem ” disini cari pengalaman…
Yang keren ya ikut studi excursie , ke surabaya liat jembatan SURAMADU…
Katanya udah sampai pengerjaan bentang tengah, kita bakal liat gimana erection betang tengh, pylon dan cable stayednya, keliatannya asik..
Belum lagi kita bakal liat kemegahan jembatan panjang yang menghubungkan jawa-madura itu.
Satu karya besar anak bangsa yang patut dibanggakan.

20080615_024120_15-suramadu

Terus ke Sidoarjo liat kolam penampungan lumpur Lapindo, kita bakal liat bendungan lumpur yang dari tanah, mungkin tar bisa kita tanyain gimana cara pemadatan tanggul itu buat nahan lumpur segitu banyak.
Lalu ke PT. KAI, udah pasti selama ini dunia transportasi seakan di ” anak tirikan” dari dunia sipil, makanya kita ke PT. KAI di Madiun buat lihat sejarah perkembangan dan teknologi kereta api di Indonesia.

Yang nggak iku mungkin bisa tak kasih saran muter2 solo aja liat fenomena sipil yang mungkin bisa menimbulkan pertanyaan yang bisa diteliti.
Nih :
1. Lampu Merah di Jembatan ( Dekan terminal & deket dokter Oen )
2. Bunderan yang berpotongan sama rel KA ( daerah Sumber )
3. Kenapa KA yang di Slamet Riyadi langsung kontak ma jalan, kan bahaya???
4. Rencana Bus Trans Solo.
5. Rencana pembangunan hotel di dalam Beteng.
6. Pembangunan Apartmen, padahal di sekitarnya jalan sempit.
7. Bangunan kuno di daerah Pasar Kliwon yang nggak terawat.
8. Kenapa di Solo banyak lampu lalin tambahan yang dipasang di seberang jalan??
9. Rencana pembangunan Tol Solo-Semarang.
10. Musim ujan, coba amati drainase Solo.
11. Amati Bengawan Solo.
12. Peremajaan pasar2 di daerah Solo.
13. Pembangunan taman2 di bantaran sungai.
14. Pembangunan City Walk.

tuuh di sekitar solo aja banyak, mungkin juga bisa cari proyek sampingan, jadi drafter, jadi surveyor, apa kek yang penting jadi liburan yang produktif. Nggak cuma males2 duang dirumah…
yaah boleh si pulang dan liburan bentar.
Tapi inget cuy, 2010 pasar global!!!
Kalo nggak mau kegerus ma orang asing ya bekerja keras buat menyongsong masa depan, haha…
semangat!!!!

Nuwun..

Dheenz





Ujian-ujian ujian…..

6 01 2009

Mari kita berdoa bersama agar ujian semester lima ini kita diberi kemudahan dan diberi nilai yang sangar2 sama dosen…

Semoga tugas2nya juga cepet beres dan di ACC ma asisten sekaligud dosen…

Amiiiiiinnn…..